Gusmuwafiq.com, Islam bergerak ke sebuah negara butuh waktu yang sangat panjang dan melalui generasi yang berbeda-beda. peringatan Maulid Nabi kembali menginatkan kita bahwa ; Nabi Muhammad lahir di Mekkah pada tahun 571 Masehi. Kemudian kita semua berfikir dan belajar. Kira-kira Islam masuk ke desa kita tahun berapa? caranya bagaimana? kalau langsung loncat ke Nabi Muhammad, kita akan banyak kehilangan waktu dan jarak yang sangat panjang. kenapa? karena ada tongak-tongak peristiwa yang jadi peringatan.

Gus Muwafiq memberi analogi sederhana;”listrik bisa sampek ke rumah kita itu ada prosesnya, dari pusat terus diberi tiang travo, tiang travo, tiang travo, baru di rumah kita pasang meteran 900 Watt. Kalau langsung dai pusat dengan arus listrik besar, apa yang terjadi?? yaa konslet, meletus”.

Fenomena Generasi Millenial beragama dari internet, langsung baca Al Qur’an, langsung baca Hadits, tapi tidak ada gurunya. “Ngaji (belajar) tanpa Guru, sama saja belajar dengan syetan”. Maka hari ini banyak orang pintar, tapi tidak punya tata krama, adab akhlaq. Padahal Nabi Muhammad itu; “Innama bu’itstu liutammima makarimal Akhlaq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here